Gabut? Gih Masak! #1: Sate Taichan

Seorang jendral Former US Navy Admiral, William H. McRaven berpidato seperti ini;

"If you wanna change the world, start off by making your bed. If you make your bed every morning, you will accomplished the first task of the day. It will give you a small sense of pride, and it will encourage you to do another task, and another, and another".

Dan saya berhasil bangun pagi, membereskan tempat tidur dan mulai berpikir apa yang harus saya lakukan pertama kali di rumah. Berhubung saya bosan menyapu dan mengepel saja, jadilah saya MEMASAK dan saya berniat mengabadikannya dalam blog ini barangkali ada yang berminat mengisi kegabutannya dengan memasak. Kali ini saya memasak sate taichan, siapa yang tidak tahu sate taichan? Kalian bisa temukan pusat kuliner yang isinya sate taichan semua di senayan, belakang Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat. Berawal boomingnya makanan ini adalah cerita dari salah satu pedagang sate madura yaitu Pak Amir.

Pak Amir merupakan pelopor sate taichan menceritakan awal mula sate taichan ini dibuat dan diberi nama 'Taichan'.

"Pertamanya ada pasangan yang laki-laki orang Jepang yang perempuan orang kita (Indonesia), masih ingat saya nama perempuannya, Inet. Laki-lakinya itu mau bikin sate sendiri. Dia kasih garam ke dagingnya sama jeruk (nipis) dan sambal. Terus saya tanya 'Ini sate apa namanya?' kata orangnya 'taichan!',"

Berbeda dengan sate-sate kebanyakan, sate Taichan ini tidak memakai bumbu kacang atau kecap sebagai pelengkapnya. Melainkan semacam sambal dengan citarasa pedas dan segar. Mudah sekali membuatnya, dan entah kenapa saya bangga dan mau membagikannya di sini. Gabut? Gih Masak!



Bahan-bahan:
2 buah dada ayam dan kulit, potong dadu
2 sdt lada bubuk
1 sdt ketumbar bubuk
2 sdt garam
2 buah jeruk nipis
3 buah jeruk sate
1 sdm minyak zaitun/minyak goreng
Tusuk sate

Bumbu sate :
10 buah cabe merah
7 buah cabe domba
2 buah tomat
6 siung bawang merah
4 siung bawang putih
Garam secukupnya
Gula secukupnya

Cara Memasak:
  • Sate
  1. Cuci bersih ayam, potong dadu. Kucuri dengan perasan jeruk nipis , lada, dan garam. Diamkan kurang lebih 20 menit. Kemudian tusukkan pada tusuk sate dengan susunan daging-kulit-daging. Kenapa? Supaya lebh juicy 😅
  2. Campurkan 1 sdm minyak goreng/minyak zaitun dengan jeruk sate sebagai bumbu olesan.
  3. Panggang ayam dengan api kecil agar matang merata, bolak-balik agar tidak gosong. Angkat apabila sudah berwarna agak kecoklatan.
  • Bumbu Sate
  1. Rebus tomat (ada baiknya tomat dikupas kulitnya sebelum dihaluskan), bawang merah-putih, cabe sampai melunak, lalu tiriskan.
  2. Haluskan semua bumbu sate lalu tumis bumbu sate sampai harum.
  3. Sajikan sate yang telah dipanggang dengan bumbunya.

Foilaaaa!!
This yummy taichan has done made by weirdo like me.

Sate Taichan ini enak banget dimakan dengan nasi panas. So, what about yours? Gih, Masak!




Bandar Lampung,
30.9.2017

No comments:

Post a Comment